Page Nav

HIDE

Pages

Breaking News:

latest

MAHASISWA KUKERTA UNRI PEDULI LINGKUNGAN HIDUP MENDAPAT APRESIASI DARI LURAH PADANG MATINGGI

Mahasiswa UNRI bersama Lurah padangmatinggi dan para staf,  kegiatan pembuatan hingga peletakan tong sampah organik dan anorganik oleh T...


Mahasiswa UNRI bersama Lurah padangmatinggi dan para staf, kegiatan pembuatan hingga peletakan tong sampah organik dan anorganik oleh Tim Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Balek Kampung Kelurahan Padang Matinggi:


MAHASISWA KUKERTA UNRI PEDULI LINGKUNGAN HIDUP MENDAPAT APRESIASI DARI LURAH PADANG MATINGGI


Labuhanbatu Rantauprapat-

www.mediacoruption.com
Kabupaten Labuhanbatu merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Sumatera Utara yang memiliki luas wilayah 922.318 Ha (9.223,18 KM2) atau setara dengan 12,87% dari luas Wilayah Provinsi Sumatera Utara. Selain itu, Kabupaten ini merupakan Kabupaten terbesar kedua setelah Kabupaten Tapanuli Selatan..

Kelurahan Padang Matinggi, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu, Provinsi Sumatera Utara merupakan kelurahan yang memiliki Luas wilayah sebesar 469 Ha yang terdiri atas 15 Lingkungan diantaranya Bangunan, Dahlia Ujung, Bangsal, Beringin, Pardomuan Nauli, SMU- PLUS, Perlayuan Baroh, Asrama Kodim, padang matinggi, WR. Supratman, Padang Matinggi Mesjid, Air Bersih, Meranti, Kampung Jawa, Pelabuhan. Kelurahan ini memiliki potensi dalam berbagai aspek baik itu pariwisata maupun dibidang perekonomian. Melihat potensi yang beragam tersebut, Kelurahan Padang Matinggi banyak dijadikan sebagai target pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) bagi para mahasiswa yang berada di kelurahan tersebut

Program mahasiswa Kuliah Kerja Nyata atau Kukerta Universitas Riau (UNRI) di Aspresiasi Pemkab labuhanbatu Oleh Pihak kelurahan Padang Matinggi Kecamatan Rantau Utara kabupaten Labuhan batu Sumatera Utara.

Dalam PembuatanTong Sampah yang yang sangatlah simple dibuat oleh Mahasiswa UNRI Adalah Bentuk hasil dari kerja yang nyata dan dari perakitan Tersebut Mendapat Aspresiasi dari Pihak kelurahan padang Matinggi kecamatan Rantau Utara Kabupaten Labuhanbatu.


Dengan adanya tong sampah tersebut Tim Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Balek Kampung Kelurahan Padang Matinggi berharap agar kiranya dapat dimanfaatkan oleh kalangan masyarakat pengunjung Taman Adipura Rantauprapat dan meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan melalui membuang sampah pada tempatnya melihat kondisi dan situasi kebersihan pada Tugu Adipura tersebut masih sangatlah kurang dari tidak kepedulian masyarakat pengunjung Taman Adipura tersebut.

Tong Sampah tersebut diserahkan kepada Kepala kelurahan padang Matinggi yakni Maimun Saleh Ritonga.S.Ap.Jumat (24/07/2020) pagi
Mahasiswa Kukerta Unri menyerahkan tempat sampah tersebut untuk kelestarian Taman Tugu Adipura , Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu Sumatera Utara, sebagai bentuk program kepedulian terhadap lingkungan Agar terciptanya indah nyaman dan Asri, upaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan lingkungan dan melatih budaya hidup bersih dan sehat.

Tempat sampah diserahkan langsung oleh Koordinator Tim Kukerta UNRI dan diterima langsung oleh pihak kelurahan Agar berguna untuk masyarakat pengunjung Taman Tugu Adipura Rantauprapat, yang mana Kegiatan ini merupakan rangkaian program kegiatan yang telah direncanakan sebelumnya, agar meningkatkan kesadaran pada masyarakat Agar membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

Selain Penyerahan tempat sampah, juga dilaksanakan aksi bersih-bersih yang dilakukan upaya meningkatkan pentingnya kesadaran akan kebersihan lingkungan dan kebiasaan membuang sampah pada tempatnya.

Penyerahan tong sampah ini dilakukan sebagai aksi nyata peduli lingkungan secara langsung bagi masyarakat.
Adanya tong sampah yang diberikan, masyarakat agar dapat membuang sampah pada tempatnya dan sampah tersebut agar tidak menumpuk dan menjadi sarang penyakit dan merusak lingkungan.

Menurut Amrin selaku ketua Tim Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Balek Kampung Kelurahan Padang Matinggi, tujuan dari pembuatan tong sampah ini sendiri ialah untuk mengedukasi masyarakat agar dapat melakukan golongan sampah organik maupun anorganik. Tong Sampah tersebut telah diserahkan kepada Kepala kelurahan Padang Matinggi yakni Maimun Saleh Ritonga, S.Ap. Tong sampah kemudian di letakkan pada taman rekreasi Tugu Adipura yang nantinya akan digunakan oleh pengunjung disana.

Tim Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Balek Kampung Universitas Riau yang terdiri atas delapan orang mahasiswa yang berasal dari berbagai fakultas, yaitu fakultas perikanan, ilmu pemerintahan, dan fakultas hukum memutuskan untuk melaksanakan pengabdian masyarakat atau kuliah kerja nyata  melalui program kukerta balek kampung di kelurahan padang matinggi, kecamatan rantau utara, kabupaten labuhan batu, sumatera utara. Sesuai dengan namanya, kukerta balek kampung  ini dilakukan pada domisili tempat tinggal mahasiswa yang melakukan kegiatan kukerta tersebut dikarenakan pandemi covid 19 yang sedang berlangsung

Adapun Mahasiswa yang melakukan kunkerta yakni:
Hudjah Saragih, Irpan Syahputra, Harifa Syah Putra, Putri Rahmadani, Jihan Syahputri, Kahfi Arrauf, dan Nurlaila Rambe yang dibawahi dosen pembimbing lapangan yaitu bapak Separen, S.Pd, M.H., seorang dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan di Universitas Riau. Kegiatan ini berlangsung dari bulan Juli sampai dengan Agustus 2020 sesuai dengan berakhirnya program kerja yang dilaksanakan.
Salah satu program kerja yang dilakukan oleh Tim Kukerta Balek Kampung Universitas Riau di Kelurahan Padang Matinggi yakni Pembuatan tong sampah organik dan anorganik yang dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2020 sampai dengan selesai.

Pihak kelurahan padang Matinggi yang menerima tong sampah sangat berterimakasih kepada mahasiswa Kukerta Unri yang berinisiatif membangun Labuhanbatu yang bersih dan berbudaya sehat

( BR LB HN )

Tidak ada komentar