Page Nav

HIDE

Pages

Breaking News:

latest

DITENGAH TENGAH PANDEMI COVID 19 KACANG SIHOBUK BERTAHAN

DITENGAH TENGAH PANDEMI COVID 19 KACANG SIHOBUK BERTAHAN  Toba|www.mediacoruption.com.13/12/2020    Siapa yang tak kenal dengan makanan ring...




DITENGAH TENGAH PANDEMI COVID 19 KACANG SIHOBUK BERTAHAN 


Toba|www.mediacoruption.com.13/12/2020    Siapa yang tak kenal dengan makanan ringan yang terkenal berasal dari tapanuli ini Kacang Sihobuk .kacang ini tidak asing bagi masyarakat sekawasan danau toba ,bagi penikmat kacang ini banyak juga datang dari luar daerah dan bahkan dunia .

Binaan PT Inalum. Usaha kacang sihobuk ini adalah usaha keluarga dan telah dilakoni puluhan tahun 

Nama Kacang Sihobuk diambil dari satu desa diwilayah kabupaten Tapanuli Utara yakni dari desa Sihobuk yang konon menurut sejarah kacang ini dibuat oleh masyarakat setempat (Desa Sihobuk) sebagai bentuk peringatan atas kejadian bencana longsor tahun 1982 yang memakan korban 12 korban jiwa.

Mangiring menuturkan pada awak media dalam memproduksi kacang Sihobuk ini masih mengunakan cara tradisional dan prosesnya pun tidak mudah ,sebab untuk pembuatan kacang sihobuk ini tahap awal dilakukan penyortiran kacang tanah yang baru saja baru dipanen hal ini , untuk mendapatkan kacang yang berkualitas dan padat ,lalu dijemur dibawah terik matahari ,sehingga kacang kering dengan sempurna.

Dan kemudian kacang direndam kembali di dalam air selama dua atau tiga hari agar kacang bersih dari tanah dan dikeringkan kembali dan selanjutnya disangrai dalam wadah dengan mengunakan pasir dan di buat bara api selama dua atau tiga jam.

Dalam menjalankan usaha ini, mangiring mengunakan alat Samgrai modifikasi sendiri sementara kendala yang dihadapi dalam pengelolaan usaha ini , kondisi cuaca atau musin hujan karena dapat dipastikan kacang akan sulit dikeringkan dan akan membutuhkan waktu agak lama 

Sebelum Pandemi covid 19 .Mangiring menggaku dapat memproduksi 40 kaleng kacang dalam sebulan ,dan kemudian kacang kacang ini dipasarkan di warung-warung dan bahkan disejumlah daerah di indonesia

Penjualan Kacang sihobuk ini sangat turun dratis dan ini imbas dari masa pandemi covid 19 dimana turunnya wisatawan yang berkunjung ke wilayah Tapanuli Utara .terlebih berbagai berkurangnya berbagai kegiatan seperti Acara keluarga, pesta Adat , pesta pernikahan ataupun berbagai acara  lainnya  yang bersifat nonformal sehingga berimbas pada permintaan.

Perwakilan Menejemen perusahaan bagian Humas Pt Inalum (persero),Lambas Sianipar pihaknya jika mengelar berbagai kegiatan selalu menyediakan kacang Sihobuk untuk dijadikan makanan ringan para tamu.

Selain dari itu PT Inalum juga memberikan pinjaman modal usaha buat mangiring sipahutar ditahun 2019 dengan biaya admistrasi 3% bantuan ini , diharapkan mampu mengembangkan usahanya.( P.Sinaga).




Tidak ada komentar