Page Nav

HIDE

Pages

Breaking News:

latest

Sensasi Eko Wisata Sungai Asahan Provinsi Sumatera Utara Yang Mendebarkan

Sensasi Eko Wisata Sungai Asahan Provinsi Sumatera Utara Yang Mendebarkan  Toba  www.media coruption.com / Sejak Tahun 1976 PT Indonesia As...



Sensasi Eko Wisata Sungai Asahan Provinsi Sumatera Utara Yang Mendebarkan 


Toba 

www.mediacoruption.com / Sejak Tahun 1976 PT Indonesia Asahan Almunium ( Persero ) telah bersahabat dengan sungai Asahan. sungai sepanjang 143 KM ini memilikihulu di danau Toba dan telah menjadi sumber energi Hijau dari seluruh kegiatan operasional PT Inalum ( Persero) sejak 1976 . Kini sungai Asahan telah menjadi primadona baru sebagai destinasi wisata arung jeram terbaik ke tiga di dunia dan menjadi kebanggaan Sumatera Utara dan Indonesia. 

Destinasi arung jeram di sungai Asahan pertama dirintis pada tahun 1995 . Dimana rintisan tersebut pertama kali dilakukan oleh pecinta olah raga ekstrim Rafting . 

Mereka mendatang sungai Asahan karena sejak lama sungai tersebut menjadi perbincangan masyarakat sekitar karena jeram nya yang cukup besar. Berdasarkan penelusuran dibeberapa titik jeram di sungai Asahan masuk level lima atau sangat menantang bagi olahraga raga arung jeram . Pada tahun 2000 The international Rafting Championship digelar di sungai Asahan untuk menantang dan menaklukan derasnya jeram sungai kebangaan Sumatera Utara 



Keseriusan dalam pengelolaan sungai Asahan sebagai destinasi wisata populer dan menantang dilakukan ketika sekelompok anak muda mendirikan Asahan River Refting pada tahun 2015 dengan tujuan melestarikan, Merawat sungai dan mengelola eko wisata dengan sungai Asahan sebagai primadonanya. 

Syahrul Alamsyah Simatupang merupakan salah satu anak muda yang konsisten menjalankan Asahan River Refting sejak kecil, ia kerap melihat kompetisi arung jeram dan potensi sungai tersebut. Keseriusan Syahrul dan kawan - kawan dalam menjaga sungai Asahan menjadi fokus PT Inalum (persero) untuk ikut melestarikan. 

Langkah perusahaan dalam menjaga Sungai Asahan dilakukan pada tahun 2017 ketika perusahaan bersama kementerian BUMN melakukan revitalisasi ekowisata Sungai Asahan dan program tersebut meliputi perbaikan akses menuju lokasi wisata pembangunan tangga keselamatan sebanyak 270 anak tangga pemberian perahu karet, dan pembangunan 

Fasilitas sanitasi, dan jembatan masyarakat. Peresmian pun lakukan oleh jajaran direksi Inalum dan menteri BUMN Rini Sumarsono berserta jajarannya. Akhirnya ekowisata pun menggeliat. 

Kini paskah pandemi, kegiatan ekowisata kembali bangun setelah selama 2 tahun terguncang pandemi covid 19 . Syahrul optimis usahanya bersama teman - teman dan dukungan dari PT INALUM (Persero) bisa kembali meningkat popularitasnya. Untuk Fun Rafting yang dikelola syahrul . 

Jarak tempuh dari titik start adalah 8,1 KM. Wisatawan tidak perlu terlalu merogoh kocek untuk merasakan nikmatnya berjeram di sungai Asahan yang dikelola Syahrul . 

Dengan harga cukup terjangkau yaitu mulai dari 200 ribu hingga 300 saja sudah dapat merasakan petualangan air yang menegangkan sekaligus menyenangkan. 

Dari harga tersebut telah termaksud tranfortasi, makan, snak, Rescue dan dokumentasi. Sepanjang jalur level jeram hanya level 2 dan 3 saja. Jadi keseruan dan keamanan nya masih layak untuk serta keluarga bahkan anak - anak usia lima tahun juga sudah bisa ikut serta, kami optimis rafting di sungai asahan akan mengeliat kembali paskah pandemi covid 19 ucap Syahrul. 

( P. Sinaga  ) 



Tidak ada komentar